Selain Virus Corona, 12 wabah penyakit ini pernah menggemparkan dunia

Saat ini dunia sedang dikagetkan oleh kedatangan Virus Corona virus ini pertama kali hadir dan dideteksi di Kota Wuhan, Provinsi Hubeu, Tiongkok pada bulan Desember tahun 2019, setelah beberapa orang mengalami pneumonia tanpa sebab yang jelas dan prosedur perawatan dan vaksin yang diberikan ternyata tidak efektif.


Kemunculan penyakit ini kemudian menimbulkan spekulasi dan diduga berhubungan dengan pasar grosir makanana laut Huanan yang menjual hewan hidup. Sedikitnya 70% urutan genom SARS-COV-2 sama seperti SARS-CoV.

Dari data yang disadur dari Wikipedia tercatat, per 3 maret 2020, ada 3.119 orang tewas, 2.944 terjadi di daratan Tiongkok sedangkan lebih dari 100 kasus kematian terjadi di negara laim. Dan ada bukti penyebaran dari manusia ke manusia. Kasusu ini juga telah dilaporkan sudah menjangkit lebih dari 100. Negara.

Di tiongkok dan di seluruh dunia, otoritas kesehatan masyarakat berupaya menahan penyebaran penyakit ini. Pemerintah Tiongkok telah membatasi perjalananan, dan juga mengarantina dan membatasi orang -orang untuk keluar dari rumag tang mempengaruhi lebih dari 170 juta orang. Sejumlah negara telah mengeluarkan peringatan perjalanan ke Wuhan, Hubei dan Tiongkok pada umumnya.

Semenetara untuk melawang seanganvirus corona jenis novel corona virus (2019-nCoV), Pemerintah tiongkok telah membangun rumah sakit khusus di Wuhan hanya dama waktu 9 hari.

Meski begitu, Virus Corona bukanlah satu-satunya virus mematikan yang pernah mewabag di dunia, Sejumlah wabah penyakit serpa pernah menggemparkan dunia dnegan korban yang tak kalah banyak. Berikut urutannya.

1. Cacar di Yunani
Cacar atau smallpox pernah menewaskan lebih dari 30.00 di Athena, Yunanai, pada tahun 430 Sebelum Masehi. Penyakti yang disebabkan oleh virus variola ini kira-kira mengurangi populasi kota sebanyak 20 persen. Pengidap cacar mengalami demam dan ruam kulit yang khas dan juga progresif. Menurut Centers for Disease Contril and Prevention (CDC) sekitar 3 dari setiap 10 pengidap cacar meninggal, Bnayak pengidapnya yang memiliki bekas luka permanen, terutama di wajah mereka. Bahkan dalam beberapa kasusu, samapai meneyababkan kebutaan, Untungnya berkat keberhasilan vaksin, cacar bisa diberantas di Amerika Serikat (AS). Di AS, wabah cacar terakhir terjadi pada tahun 1949.

2. Great Plague of London
Great Plague of London atau wabah besar London bermulai dari negara Tiongkok pada 1334. Kemudian, wabah ini menyebar ini menyebar di sepanjang rute perdagangan. Dalam waktu 18 bulan, wabah ini kira-kira membunuh 100.000 ribu nyawa di kota London. Selain itu Florence, Italia, kehilangan sepertiga dari 90.000 penduduknya dalam enam bulan pertama, secara keseluruhan, Great Plague of London menewaskan 25 juta penduduk Eropa.

3. Pandemi Flu Spanyol
Pandemu  flu besar atau yang lebih dikenal dnegan sebutan Flu Spanyol, terjadi pada tahun 1918 dan 1919. Peristiea ini mulai menyebar di AS,m lalu muncul di Afrika Barat dan Perancis, lalau kemudian menyebar hampir ke seluruh dunia. Pandemi ini menewaskan lebih dari 50 juta orang di seluruh dunia.

4. Ebola
Epidemi Ebola trerjadi pada tahun 2014 di Afrika Barat. Saat itu merupakan wabah Ebola terbesar yang pernah tercatat. Pada agustus 2014 sampai maret 2016 setidaknya 30.00 orang terinfeksi virus Ebola, Sekitar 11.00 orang meninggal di Afrika Barat.  Akibat ganasnya EBILA, WHO menetapkan penyakit ini sebagai Global Health Emergency.
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »