Perhatikan 8 Komponen Ini Jika AC Mobil Tidak Dingin

Berkendaraan dengan AC yang tidak dingin pastinya akan membuat kita merasa tidak nyaman. AC mobil tidak dingin juga bisa disebabkan karena kondisi tertentu. Pentingnya bagi Anda untuk mengetahui lebih jauh mengenai beberapa penyebab AC mobil tidak dingin. Berikut ini adalah beberapa diantaranya komponen yang harus Anda perhatikan.


1. Freon yang Sudah Mulai Habis
Apabila dipakai dalam jangka waktu panjang, terutama jika Anda selalu berkendara dengan menghidupkan AC mobil, maka ada kemungkinan freon lebih cepat habis.  Terlebih apabila Anda berkendara dengan tidak teratur, misalnya sering membuka kaca jendela pada saat menghidupkan, ini juga dapat menyebabkan AC tidak awet.

2. Coil Rusak atau Putus
Penyebab berikutnya yang perlu Anda antisipasi adalah jika spul magnetic ada yang putus. Kondisi mati atau putus merupakan penyebab AC tidak dingin juga. Jadi Anda bisa mengecek kondisi koil atau spul pada saat menghidupkan mesin.

3. Fan Belt AC Putus
Drive belt atau Fan belt AC pada mobil juga bisa saja putus dan menyebabkan AC tidak dingin. Sabuk belt ini dapat berfungsi untuk menyalurkan putaran mesin menuju kompresor.

4. Radiator Kotor dan Tidak Pernah Dibersihkan
Kotoran debu merupakan salah satu faktor yang seringkali menyebabkan kondisi mesin bermasalah, sehingga radiator dan kondensor menjadi kotor dan mempengaruhi kinerjanya yang berkurang.

Kotoran tersebut dapat menyebabkan mesin AC berkarat dan pembuangan panas menjadi tidak maksimal. Dan dampaknya, freon yang dibutuhkan harus lebih tinggi sehingga kinerja kondensor tidak sempurna.

5. Cooling Fan Bermasalah
Faktor lainnya kabin mobil tidak efektif karena tidak bisa bekerja maksimal jika cooling fan motor mati, ataupun hidup tapi putarannya sangat lemah. Faktor ini menyebabkan kondensor tidak mampu membuang panas sehingga udara sejuk yang dihasilkan tidak maksimal.

6. Overheat pada Sistem AC
Overheat bisa saja terjadi apabila tekanan dalam sistem AC terlalu besar. Tekanan besar dapat menyebabkan putusnya magnetic clutch atau bisa saja menyebabkan terputusnya arus listrik menuju field coil sehingga body kompresor tidak bisa bekerja dengan maksimal.

7. Freon yang Masuk ke Sistem AC Kurang
Mobil membutuhkan freon yang berbeda-beda. Apabila tempat untuk freon tersebut terlalu kecil bahkan tidak cukup, maka dapat menyebabkan tekanan berlebihan yang akan menyebabkan jumlah freon yang masuk ke sistem AC berkurang.

Freon yang kurang masuk dapat disebabkan karena kelebihan oli kompresor. Jika kelebihan oli kompresor mama Alan memakan banyak tempat sehingga ruangan untuk freon otomatis berkurang.

8. Evaporator Tidak Dibersihkan
Blower di permukaan evaporator biasanya dapat  menyebabkan debu dan kotoran terhisap masuk kemudian menempel di permukaan. Hal ini dapat menyebabkan penumpukan debu dan akan menyebabkan terputusnya aliran udara. Sumbatan ini nantinya akan berefek pada angin AC yang tidak kencang.


Apakah Anda sudah rutin cek beberapa komponen penyebab AC tidak dingin di atas? Jika belum, Anda perlu rutin mengecek mulai sekarang, service AC mobil juga diperlukan jika AC mobil Anda masih saja tetap belum dingin.
loading...
Previous
Next Post »